Teknologi

Zotero di Google Dokumen

Sefri Doni / 18/01/2020

Google Docs adalah layanan pengolah kata, lembar sebar, presentasi, formulir, dan penyimpanan data berbasis web gratis dari Google. Hampir keseluruhan layanan yang ada di Google Docs sangat luar biasa, salah satunya google dokumen.

Google dokumen memungkinkan seseorang untuk mengedit sebuah dokumen dari banyak perangkat baik itu desktop ataupun mobile. Tidak hanya itu, Google dokumen juga memungkinkan lebih dari satu orang untuk mengedit dokumen secara bersamaan ataupun tidak dari lokasi dan perangkat yang berbeda. Hal tersebut tentunya sangat berguna sekali bagi peneliti.

Peneliti dituntut untuk menghasilkan luaran penelitian yang berguna bagi masyarakat umum. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya diperlukan kolaborasi antar peneliti baik ditingkat lokal sampai ke internasional. Dengan adanya Google Dokumen kolaborasi sangat mungkin untuk dilakukan.

Kolaborasi tersebut bisa dari tahap penyusunan proposal sampai ke tahap pembuatan artikel. Hal menarik lainnya Google Dokumen sudah terintegrasi denga manajemen referensi Zotero. Dengan terintegrasinya Google Dokumen dengan zotero maka akan memperbesar kemungkinan dihasilkannya tulisan yang berkualitas. Sebab pada artikel yang berkualitas terdapat sumber acuan yang jelas.

Untuk lebih jelasnya bagaimana penggunaan Zotero di Google Dokumen silahkan lihat pada video berikut