Entry Data Koleksi di SLiMS 9 Bulian

Pengantar

Data bibliography merupakan salah satu unsur penting dalam sebuah perpustakaan. Tanpa data bibliography pengelolaan koleksi perpustakaan akan menjadi kacau dan tidak terukur. Pada SLiMS sudah disediakan modul yang berfungsi untuk mengelola data tersebut. Tidak terbatas pada kemampuan menampung delapan daerah kepengarangan saja namun SLiMS juga menyediakan ruas tambahan lain. Selain itu SLiMS juga menyediakan fitur-fitur pendukung seperti pencetakan label, pencetakan kartu katalog, dan masih banyak lagi. Lebih lanjut akan dijelaskan sebagai berikut.

Penjelasan

Menu Bibliography terdiri atas 4 sub menu yaitu Bibliographic, Items, Copy Cataloguing, Tools. Dimana pada masing-masing sub menu terdapat lagi beberapa sub-sub lainnya. Berikut penjelasan lebih lanjutnya

Bibliographic

Bibliographic adalah sub menu pertama yang memiliki dua sub turunan yaitu Bibliographic list dan Add New Bibliographic. Bibliographic list berfungsi untuk menampilkan daftar data bibliography yang sudah di entry ke dalam SLiMS. Akan tetapi pada Bibliographic list juga memungkinkan dilakukan penambahan, perubahan dan penghapusan data bibliography. Selanjutnya sub-sub menu Add New Bibliographic. Add New Bibliographic berfungsi untuk menambah data Bibliography tanpa adanya pilihan merubah dan menghapus.

Sub Menu Bibliographic SLiMS 9 Bulian
Sub Menu Bibliographic SLiMS 9 Bulian

Items

Items adalah sub menu yang menyajikan data eksemplar dari Bibliography. Sub menu Items memiliki dua sub-sub menu yaitu Items list dan Checkout Items. Item list berfungsi untuk menyajikan data eksemplar yang membuat banyak antribut diantaranya Item Code, Title, Collection Type, Call Number, sampai dengan Nomor Inventaris. Sub-sub menu berikutnya adalah Checkout Items. Pada bagian Checkout Items akan ditampilkan data terkait eksempar yang sedang dipinjam oleh pemustaka.

Sub Menu Items SLiMS 9 Bulian
Sub Menu Items SLiMS 9 Bulian

Copy Cataloguing

Copy Cataloguing adalah sub menu ketiga dari menu Bibliographic. Bibliographic berfungsi untuk melakukan copy katalog atau pengcopyan metadata koleksi dari Perpustakaan lain dengan menggunakan protokol-protokol standar. Ada 3 protokol yang disediakan oleh SLiMS untuk melakukan Copy Cataloguing yaitu MARC, Z3950, P2P.

MARC digunakan untuk mengcopy katalog dari aplikasi yang dibuat oleh perpusnas yaitu Inlislite. Z3950 digunakan untuk melakukan copy katalog dari Library Of Congres. Dan P2P untuk mengcopy katalog dari sesama SLiMS. Dengan hadirnya banyak pilihan protokol dalam melakukan copy katalog tentunya akan sangat membantu pekerjaan pustakawan dalam mengolah dan mengelola koleksi di sebuah perpustakaan.

Sub menu Copy Cataloguing SLiMS 9 Bulian
Sub menu Copy Cataloguing SLiMS 9 Bulian

Tools

Tools merupakan sub menu terakhir dari Menu Bibliography yang paling banyak memiliki sub-sub yaitu Item Barcodes Printing, Marc Export, Marc Import, Catalog Printing, Data Export, Data Import, Item Export dan Item Import.

Item Barcodes Printing berfungsi untuk mencetak barcode untuk masing-masing eksemplar. Item Barcodes kemudian ditempelkan pada koleksi. Nantinya Item Barcodes akan membedakan satu eksemplar dengan eksemplar lainnya dikarenakan bersifat unik dan tidak boleh sama. Sebagai informasi Item Barcodes tidak sama dengan nomor induk dan nomor inventaris.

Selanjutnya Marc Export, Marc Import. Marc Export, Marc Import adalah fitur import dan export data ke dalam format .marc. Data hasil export dan import bisa dipergunakan untuk banyak keperluan khususnya untuk pertukaran data antar aplikasi.

Berikutnya Catalog Printing berfungsi untuk mencetak katalog kartu. Meskipun di lapangan katalog kartu tidak banyak lagi digunakan namun SLiMS masih mengakomodir keperluan tersebut. Katalog kartu yang bisa dicetak dari SLiMS terdiri atas 3 jenis yaitu katalog judul, pengarang dan subjek.

Terakhir ada empat sub-sub menu yaitu Data Export, Data Import, Item Export dan Item Import. Data Import dan Export berfungsi untuk memasukan dan mengeluarkan data bibliography. Dan Item Export dan Item Import berfungsi untuk memasukan dan mengeluarkan data eksemplar.

Sub menu Tools SLiMS 9 Bulian
Sub menu Tools SLiMS 9 Bulian

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa sebenarnya SLiMS sudah mengakomodir hampir keseluruhan kegiatan pengolahan dan pengelolaan data koleksi. Sebagai bocoran, Menu Bibliography ini adalah menu yang harus dikuasai oleh pustakawan bagian pengolahan.


Jika teman-teman merasa masih sulit memahami penjelasan dalam bentuk teks maka berikut penjelasan dalam bentuk videonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *