Teknologi

Remot Kontrol Alternatif

Sefri Doni / 26/01/2020

Remot kontrol atau Pengendali jarak jauh adalah sebuah alat elektronik yang digunakan untuk mengoperasikan sebuah mesin dari jarak jauh. Hampir seluruh bagian kehidupan manusia dibantu dengan remot. TV, Tape, Mobil, Motor dan masih banyak lagi di operasikan dengan remot.

Dikarenakan banyaknya manfaat remot saya rasa hal tersebutlah yang menginspirasi beberapa produsen smartphone untuk menambahkan fitur remot ke produk mereka. Dua diantara banyak produsen smartphone yang menyematkan fitur remot adalah xiomi dan samsung. Teknologi yang mereka gunakan adalah IR(infra merah) sehingga compatible dengan perangkat-perangkat dengan pengendali infra merah.

Saya punya sebuah smartphone dari xiomi yang memiliki fitur remot. Namun smartphone tersebut tidak bisa mengendalikan TV dengan merk Polytron. Untuk memastikan jika bukan smartphonenya yang rusak saya pernah uji cobakan untuk mengendalikan AC dan berjalan lancar. Dengan demikian juga belum bisa disimpulkan jika TVnya yang rusak, sebab dengan remot biasa TV tersebut bisa dikendalikan.

Dikarenakan perasaan kecewa cukup lama saya tidak lagi mencoba untuk mengendalikan TV tersebut dengan smartphone. Sampai pada suatu waktu remot TV yang biasa digunakan tiba-tiba rusak dan anak-anak sedang suka menonton TV, dengan sangat terpaksa harus pencet-pencel tombol manual yang ada di belakang TV. Bosan dengan mengendalikan TV secara manual, alih-alih membeli remot baru saya malah mencoba peruntungan lagi dengan smartphone yang da fitur remotnya dan hasilnya masih seperti yang dulu “tidak bisa”.

Masih belum puas saya coba browsing dan ada yang menyarankan untuk mengganti aplikasinya dan Alhamdulillah bisa. Aplikasi pengganti tersebut bernama peel remote. Teman-teman yang mengalami masalah serupa saya rasa layak untuk mencoba untuk mengganti aplikasi remotnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *