Teknologi

Mudah dan Murah Implementasi Automasi Perpustakaan

Sefri Doni / 23/01/2020

Automasi Perpustakaan secara sederhana dapat artikan sebagai penggunaan perangkat teknologi informasi untuk membantu pekerjaan yang ada di perpustakan. Sebenarnya tidak sesempit itu pengertianny karena selain perangkat TI juga diperlukan SDM yang mampu mengoperasikannya dengan baik.

Pada mulanya kedua hal diatas sangat sulit sekali didapatkan. Perangkat Teknologi mahal, baik hardware ataupun software dan ditambah minimnya ketersediaan SDM yang kompeten. Namun sekarang sudah tidak lagi, dimana perangkat keras TI bisa dibeli dengan harga mulai dari ratusan ribu dan perangkat lunaknya bisa didapatkan tanpa keluar biaya. Untuk SDM sendiri sudah banyak kampus-kampus yang memasukan Automasi Perpustakaan kedalam kurikulum mereka.

Jika demikian tentunya sudah banyak perpustakaan yang terautomasi. Akan tetapi pada kenyataannya masih belum begitu banyak. Saya tidak mengetahui penyebab pastinya namun yang jelas bahwa Automasi Perpustakaan itu mudah dan murah.

Saya sudah mempelajari Automasi Perpustakaan semenjak tahun 2011 dan telah mengikuti banyak kegiatan mengautomasikan perpustakaan. Kegiatan-kegiatan yang saya ikuti bervariasi, ada yang berbiaya minimal ada juga berbiaya maksimal. Dari pengalaman-pengalaman tersebut saya temukan beberapa kendala salah satu yang cukup mencolok adalah SDM.

Namun sekali lagi saya ingin tekankan jika Mengautomasikan Perpustakaan itu mudah dan murah. Mudah dalam artian semua hal terkait automasi perpustakaan bisa dipelajari secara mandiri. Sedangkan murah terkait dengan penbiayaan. Dulunya ada perpustakaan yang membeli puluhan juta untuk perangkat lunak saja dan sekarang dengan wifi gratis setiap orang bisa mengunduh perangkat lunak automasi perpustakan.

Penjelasan lebih detailnya bisa teman-teman lihat di video berikut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *