Menu Keanggotaan SLiMS 9 Bulian

Pengantar

Menu keanggotaan pada SLiMS 9 Bulian dipergunakan untuk mengelola data pemustaka. Data yang dikelola adalah data-data yang diperlukan untuk kegiatan yang berkaitan dengan keperluan perpustakaan khususnya untuk kegiatan sirkulasi. Id, Nama, Tanggal Lahir adalah beberapa diantara data yang akan dikelola melalui menu keanggotaan SLiMS. Selain mengelola data menu keanggotan juga bisa dipergunakan untuk mencetak kartu anggota Lebih rinci mengenai menu keanggotaan SLiMS 9 Bulian akan dijelaskan sebagai berikut.

Penjelasan

Menu keanggotaan memiliki 2 sub menu utama yaitu keanggotaan dan peralatan. Dan sub menu peralatan memiliki sub-sub menu kartu anggota, Eksport dan Import.

Sub Menu Keanggotaan

Sub menu keanggotaan memiliki sub-sub lihat daftar anggota, tambah anggota dan tipe anggota. Lihat daftar anggota berfungsi untuk menampilkan keseluruhan data anggota yang sudah ditambahkan ke dalam SLiMS. Tambah anggota baru berfungsi untuk menambahkan data anggota ke dalam SLiMS. Pada bagian tambah anggota-lah data ID, Nama, Tanggal lahir dan lain-lain di isikan. Kemudian tipe keanggotaan berfungsi untuk mendefenisikan hak dan kewajiban setiap tipe anggota. Hak dan kewajiban tersebut bisa berupa jumlah pinjaman, lama waktu peminjaman dan denda.

Sub Menu Keanggotaan SLiMS 9 Bulian
Sub Menu Keanggotaan SLiMS 9 Bulian

Sub Menu Peralatan

Sub menu peralatan memiliki sub-sub menu kartu anggota, Eksport dan Import data. Sub-sub menu kartu anggota berfungsi untuk mencetak kartu sebagai identitas dari anggota perpustakaan. Untuk saat ini pencetakan kartu anggota di SLiMS 9 baru bisa dilakukan dengan printer generik dan belum bisa otomatis mencetak ke printer khusus kartu. Selanjutnya sub-sub menu eksport data berfungsi untuk mengeluarkan data dari basis data SLiMS ke dalam bentuk spreadsheet. Dan yang terakhir adalah sub-sub menu Import yang berfungsi untuk memasukan data anggota kedalam basis data SLiMS dalam format .csv. Sub-sub menu Import ini sangat membantu sekali jika jumlah anggota yang akan didaftarkan ke dalam basis data SLiMS jumlahnya ratusan bahkan ribua.

Sub Menu Peralatan SLiMS 9 Bulian
Sub Menu Peralatan SLiMS 9 Bulian

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa menu keanggotan memiliki peran penting dalam automasi perpustakaan dan SLiMS sudah mengakomodir kebutuhan tersebut. Dan dengan sedikit latihan pengelolaan anggota akan jauh lebih mudah, ditambah lagi dengan adanya fitur Import data anggota dari format .csv.