Mengatur Master File di SLiMS 9 Bulian

Pengantar

Menu Master File memungkinkan Pustakawan untuk dapat memasukkan, menghapus dan memperbaiki data yang digunakan sebagai acuan dalam entri data bibliografi. Data tersebut berupa data kepengarangan, penerbit, tempat terbit hingga data mubazir. Secara garis besar menu Master File memiliki tiga sub menu utama yang terdiri atas Authority Files, Lookup Files dan Tools. Ketiga sub menu di Master File masih memiliki beberapa sub-sub turunan. Berikut penjelasannya

Penjelasan

Authority Files

Authority Files lebih banyak terkait dengan data-data bibliography. Sub menu ini memiliki beberapa turunan diantaranya GMD (General Material Designation), Content Type, Media Type, Carrier Type, Publisher, Supplier, Author, Subject dan Location.

Sub menu Authority Files SLiMS 9 Bulian
Sub menu Authority Files SLiMS 9 Bulian

GMD (General Material Designation) Bentuk fisik koleksi atau media fisik tempat penyimpanan informasi. Daftar dan tata cara penggunaan GMD merujuk atau dapat kita lihat pada Anglo American Cataloguing Rules (AACR). Content Type,Media Type, Carrier Type merupakan fitur yang dirancang untuk mengakomodasi standar pengatalogan yang baru yaitu Resource Description Access (RDA). Publisher diisikan dengan nama penerbit. Supplier merupakan data master dari supplier atau agen yang menjadi rekanan perpustakaan dalam mendapatkan koleksi. Author berisikan dengan nama pengarang dan jenis pengarang (pribadi atau institusi). Subject diisikan dengan topik/subyek dari data koleksi yang kita masukkan. dan Location diisikan kode lokasi dan nama lokasi penempatan koleksi.

Lookup Files

Sub menu Lookup Files lebih banyak mempengaruhi eksemplar. Adapun sub-sub menu yang berada dibawah Lookup Files diantaranya sebagai berikut Place, Item Status, Collection Type, Doc Language, Label dan Frequency.

Sub menu Lookup Files SLiMS 9 Bulian
Sub menu Lookup Files SLiMS 9 Bulian

Sub-sub menu Place memuat data kota/tempat terbit. Sub-sub menu Item Status memuat data status eksemplar (Repair, On Loan, Reserved). Sub-sub menu Collection menampung data tipe koleksi yang dimiliki perpustakaan, misal: Textbook, Reference, Fiction. Sub-sub menu Doc. Language berisi data bahasa yang digunakan oleh dokumen. Misal: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, Bahasa Jawa dll. Sub-sub menu Label berfungsi untuk memberikan informasi khusus tentang bibliografi. Label dapat didefinisikan pada menu Master File. Secara baku, SLiMS mempunyai tiga label: New Title, Favorite Title, dan Multimedia. dan Sub-sub menu Frequency adalah data terkait kala/frekuensi terbit terbitan berseri.

Tools

Sub menu tools memiliki banyak sub-sub menu yang menyajikan data-data mubazir yang terdiri dari Cataloging Servers, Item Code Pattern, Orphaned Author, Orphaned Subject ,Orphaned Publisher dan Orphaned Place

Sub menu tools SLiMS 9 Bulian
Sub menu tools SLiMS 9 Bulian

Sub-sub menu Cataloging Servers berfungsi untuk menambahkan titik peladen yang hendak dijadikan sumber copy catalog di Modul Bibliography (Sub-menu Z3950 SRU, Z3950 Service, MARC SRU, dan P2P). Sub-sub menu Item Code Pattern Merupakan fitur baru yang dikembangkan di SLiMS 8 Akasia. Item Code Pattern merupakan generator nomor eksemplar sehingga ketika pustakawan melakukan pengolahan bahan perpustakaan tidak perlu memasukkan nomor eksemplar (lihat pada menu Bibliography) secara manual dan ketika pengolahan bahan perpustakaan diolah oleh lebih dari satu orang, tidak perlu ada koordinasi penggunaan nomor eksemplar. Sub-sub menu Orphaned Author berfungsi untuk menapis pengarang/author yang ada dalam pangkalan data SLiMS, namun tidak digunakan.Sub-sub menu Orphaned Publisher digunakan untuk menapis nama penerbit yang ada dalam pangkalan data SLiMS, namun tidak digunakan. Sub-sub menu Orphaned Place Sub-menu ini digunakan untuk menapis tempat/kota terbit yang ada dalam pangkalan data SLiMS, namun tidak digunakan.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa sub-sub menu yang berada di master file sangat mempengaruhi data dan pekerjaan pada bagian lain khususnya Bibliography. Sebagai gambaran sebagian besar sub-sub menu tersebut berada dalam mode CRUD (Cread, Read, Update dan Delete) hanya beberapa menu saja yang tidak yaitu yang terkait dengan data mubazir.


Jika teman-teman merasa masih sulit memahami penjelasan dalam bentuk teks maka berikut penjelasan dalam bentuk videonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *