Bagi SLiMS Database adalah Segalanya

Database adalah sekumpulan data atau informasi yang tersimpan secara sistematis. Sewaktu memasang SLiMS baik itu versi lama ataupun versi paling baru yaitu SLiMS 9 Bulian database menjadi bagian penting agar SLiMS bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya. Meskipun demikian database bukan bagian utama hal tersebut disebabkan untuk menjalankan SLiMS diperlukan komponen pendukung lainnya seperti web server, php dan mysql yang berfungsi sebagai server database.

Dari beberapa komponen inti untuk menjalankan SLiMS yang cendrung lebih sering bermasalah adalah mysql yang berfungsi sebagai database server. Pesan yang muncul disaat mysql bermasalah adalah sebagai berikut

Error Connecting to Database with message: No connection could be made because the target machine actively refused it. . Please check your configuration!

Membaca dari pesan yang muncul sebenarnya sudah ada petunjuk tinggal bagaimana kita memahami petunjuk tersebut. Permasalahan pada mysql biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti pemadaman listrik secara tiba-tiba dan proses penghentian service mysql yang tidak sesuai dengan standar. Rusaknya salah satu komponen inti yang berfungsi menjalankan SLiMS tentunya akan langsung mempengaruhi kenerja aplikasi, Pustakawan, dan Perpustakaan.

Upaya untuk memperkecil munculnya permasalah seperti diatas sebenarnya bisa dilakukan dengan menyediakan daya cadangan bagi perangkat dimana SLiMS di pasang, kemudian melakukan prosedur yang sesuai dengan standar serta melakukan pencadangan data secara berkala. Jika hal-hal baik tersebut belum sempat atau lupa teman-teman lakukan maka untuk menyelamatkan SLiMS masih ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Lebih lanjut tentang apa yang memungkinkan untuk dilakukan bisa dilihat pada video berikut

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.