Aplikasi Perpustakaan Terbaik Buatan Anak Negeri

Pengantar

Banyak Perpustakaan di Indonesia yang telah menggunakan aplikasi. Tidak terbatas untuk kepentingan internal, tetapi juga untuk eksternal. Hal tersebut didorong oleh dua hal pokok. Pertama terjangkaunya harga hardware komputer. Dan kedua tersedianya aplikasi yang sesuai dengan standar kebutuhan perpustakaan.

Secara garis besar ada beberapa aplikasi perpustakaan yang digunakan di Indonesia. Namun ada dua aplikasi yang cukup dominan. Kedua aplikasi tersebut adalah SLiMS dan Inlislite. Uniknya segmentasi pengguna kedua aplikasi tersebut sudah terbentuk dengan sendirinya. Inlislite banyak dipergunakan oleh Perpustakaan yang berada dibawah koordinasi Perpustakaan Nasional. Sedangkan SLiMS sangat populer di kalangan Perpustakaan yang berada dibawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Penjelasan

Inlislite

INLISLite aplikasi yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional RI

Inlislite adalah Aplikasi yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional RI sejak tahun 2011. Saat ini Inlislite sudah berada pada versi 3 . Memiliki karakteristik utama dengan Mengikuti standar metadata MARC, berbasis web, bersifat terpusat yang hanya perlu dipasang pada sisi server dan client terhubung melalui jaringan baik lokal maupun internet. Multi user dan berlisensi freeware. Inlislite dapat di unduh pada laman https://inlislite.perpusnas.go.id/

Senayan Library Management System (SLiMS)

Senayan Library Management System (SLiMS)

Selanjutnya, SLiMS atau yang bernama lengkap Senayan Library Management System. Dikembangkan oleh Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Pengembang inti SLiMS adalah Hendro Wicaksono dan Arie Nugraha. Pada tahun 2009 SLiMS memenangi INAICTA untuk kategori open source. Sebagai aplikasi yang dikembangkan di bawah KEMDIKBUD, fitur-fitur yang terdapat pada SLiMS sangat sesuai sekali dengan kebutuhan Sekolah dan Perguruan Tinggi. SLiMS memiliki fitur pengelolaan koleksi, keanggotaan, sirkulasi, pelaporan yang lengkap dan banyak fitur lainnya. Kemudahan dalam instalasi dan penggunaan serta berbasis web merupakan salah satu keunggulan SLiMS. SLiMS dapat di unduh pada laman http://slims.web.id/

Kesimpulan

Itulah dua aplikasi perpustakaan yang menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Sebagaimana telah dituliskan di awal bahwa masih ada beberapa aplikasi lainnya. Akan tetapi menurut pengamatan penulis aplikasi selain SLiMS dan Inlislite kecuali KOHA (dari Selandia Baru) belum memenuhi standar metadata Aplikasi Perpustakaan, sehingga terjadi kendala disaat satu aplikasi harus bertukar data dengan aplikasi yang lain.

Leave a Reply