Pengguna Pada SLiMS 9 Bulian

Untuk membatasi hak dan kewenangan pengguna pada SLiMS 9 Bulian maka pengembang telah membuat pembatasan yang bisa disesuiakan oleh pengelola Perpustakaan. Pada tingkat paling tinggi terdapat pengguna dengan tipe administrator dan dibawahnya ada tipe non administrator. Pengguna tipe administrator bisa melakukan semua hal terhadap SLiMS 9 Bulian dan pengguna dengan tipe ini hanya tersedia satu*. Untuk pengguna tipe non administrator bisa terdiri atas banyak pengguna namun dengan kewenangan yang lebih rendah dibanding administrator dan fokus terhadap hal-hal tertentu semisal pustakawan sirkulasi, pengolahan dan lain-lain.

Meskipun telah disediakan fitur pembatasan akan tetapi dalam penggunaan SLiMS 9 Bulian terkadang akun dengan tipe admin bisa saja kehilangan hak administratornya. Kehilangan hak administrator membuat akun admin tidak bisa berbuat banyak dan kewenangan menjadi sangat terbatas bahkan bisa tidak berwenang lagi. Sehingga hal tersebut menjadikan akun administrator sebagai macan kertas yang tampak kuat dan galak, tetapi sebenarnya tidak bertenaga dan jinak.

Untuk mengembalikan kekuatan dan kegalakan akun administrator maka bisa dilakukan dengan mengatur secara manual haknya melalui basis data. Secar teknis pengaturan bisa dilakukan lewat phpmyadmin atau aplikasi sejenis tergantung kebiasaan kita semua. Kalau saya lebih senang menggunakan phpmyadmin. Lebih lengkapnya jika teman-teman mengalami hal serupa dengan penjelasan diatas atau hanya sekedar membanding-bandingkan pengalaman dalam menggunakan SLiMS 9 Bulian maka bisa mengikuti video berikut

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.