Menambah dan Menghapus Visitor Counter SLiMS 9 Bulian

Pada pengguna SLiMS pemula biasanya banyak melakukan percobaan pada semua fitur yang ada. Hal tersebut biasanya dilakukan agar lebih memahami setiap bagian dan fitur yang ada pada SLiMS. Kabar baiknya bagi teman-teman yang melakukan hal tersebut bahwa teman-teman tidak sendiri, saya dulunya juga seperti itu. Percobaan demi percobaan dilakukan biasanya mulai dari menu bibliograhy, keanggotaan, peminjaman hingga ke inventarisasi.

Dari banyak percobaan ada sebagian teman-teman yang kesulitan menghapus data hasil percobaan tersebut yaitu pada bagian penghitung pengunjung atau yang lebih populer dengan visitor counter. Pada prinsipnya data kunjungan memang tidak bisa dihapus, setidaknya dari sisi SLiMS. Meskipun demikian data tersebut tetap saja bisa dihapus namun dengan jalan yang sedikit berputar. Proses penghapusan tersebut bisa dilakukan dengan cara masuk ke basis data atau ke database. Untuk masuk ke database bisa dengan banyak cara baik dengan melalui console ataupun aplikasi manajemen database. Aplikasi manajemen database yang sering saya gunakan adalah Phpmyadmin.

Pada database SLiMS teman-teman cukup masuk kedalam tabel visitor_count dan bisa melakukan apa saja. Didalam tabel visitor_count terdapat data pengunjung yang bisa dihapus satu persatu atau dihapus secara keseluruhan, pokoknya bebas dan tergantung kebutuhan. Oh iya, pada basis data SLiMS khususnya pada tabel visitor_count kita bisa melakukan banyak hal tidak hanya terbatas pada penghapusan data namun juga penambahan. Penambahan data pengunjung kedalam tabel visitor_count sebenarnya sangat mudah tinggal mencari contekan perintah sqlnya atau menginport dari file csv. Namun bagian tersusahnya adalah menentukan tanggal dan waktu pemustaka mengisi visitor counter. Jika data tersebut dibuat-buat tentunya tanggal dan waktunya harus dibuat se alami mungkin.

Lebih lanjut mengenai bagaimana melakukan pengurangan dan penambahan data pengunjuang di SLiMS bisa teman-teman lihat pada video berikut

2 komentar untuk “Menambah dan Menghapus Visitor Counter SLiMS 9 Bulian”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.