Fitur Tersembunyi SLiMS 9 Bulian yang Jarang Digunakan

SLiMS 9 Bulian pada prinsipnya sudah sangat ideal digunakan dalam mengelola perpustakaan. Meskipun sudah mendekati garis ideal jika dilihat dari fitur dan kemudahan penggunaan akan tetapi SLiMS 9 Bulian masih memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan tersebut biasanya disebab oleh faktor pengguna.

Sebagai contoh, saya pernah menemukan kasus di Perpustakaan dimana terdapat buku yang sudah berada didalam rak namun statusnya masih terpinjam. Contoh kasus berikutnya adalah terjadinya selesih jumlah denda serta beberapa contoh lainnya. Contoh-contoh kasus tersebut sebanarnya disebabkan oleh faktor pengguna bukan murni atas kelemahan dari SLiMS.

Kabar baiknya, untuk mengantisipasi hal-hal tersebut SLiMS telah menyediakan sebuah fitur yang mencatat setiap kegiatan yang dilakukan oleh pengguna. Ya, semua kegiatan, mulai dari login, visitor counter, menambah, menghapus serta mengupdata data semuanya akan tercatat. Fitur ini akan sangat membantu jika dipergunakan untuk melakukan penelusuran atas permasalahan yang sedang berlangsung sehingga ada jalan keluar yang berdasarkan atas data faktual yang tentunya bisa diterima oleh semua pihak.

Lebih lengkap mengenai fitur tersebut bisa dilihat pada video berikut

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.